Save Our Bone

Osteoporosis atau keropos tulang merupakan penyakit yang tersembunyi. Meski tidak ada keluhan, bukan berarti tulang selalu dalam kondisi oke. Tulang manusia mudah terkena osteoporosis terutama wanita yang lebih banyak. Tulang kuat akan memberi kekuatan tubuh untuk hidup lebih sehat dan kuat. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan tulangnya.

Osteoporosis sering pula di juluki si “silent thief” atau pencuri diam diam dari massa tulang dan si silent disease. Karena osteoporosis pada stadium awal tidak menimbulkan gejala yang nyata. Pada hakikatnya memang osteoporosis memang lebih banyak menyerang wanita menopause. Tapi bukan berarti pria tidak terkena osteoporosis. Di Negara uncle sam, tahun 1998 dari 28 juta penderita osteoporosis terjadi lebih dari 1,5 juta kasus patah tulang per tahun pada wanita pasca menopause, yang membawa akibat biaya pengobatan yang sangat tinggi.

Untuk itu, perlu adanya perhatian serius untuk menyelamatkan tulang kita sedini mungkin. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat dan melestarikan tulang anda hingga usia tua tiba.

Olahraga Teratur

Dengan melakukan program latihan fisik yang baik, benar, teratur, dan terukur serta ditambah diet yang seimbang ternyata dapat meningkatkan derajat kesehatan secara umum dan mencegah maupun mengobati osteoporosis secara khusus.

Latihan fisik sebaiknya yang weight bearing exercise, yakni olahraga yang menopang berat badan. Latihan fisik bila dilakukan sesuai dengan prinsip prinsip tertentu dan dengan cara yang tepat, baik dari segi jenis, intensitas, waktu, dan frekuensi per minggu dapat meningkatkan kepadatan tulang mulai dari anak anak sampai mencapai puncak ketika dewasa muda, baik pada wanita maupn pria. Ingat, massa tulang puncak atau peak bone mass dicapai pada usia 20-an akhir atau 30-an, baik pada wanita maupun pria.

Latihan fisik pada wanita menopause juga dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mengurangi risiko jatuh karena kekuatan otot serta keseimbangan yang juga bertambah. Berdasarkan penelitian dari Dalsky GP bahwa kepadatan tulang punggung sebanyak 5,2% pada wanita wanita postmenopause (usia rata rata 62 tahun) yang berlatih fisik dengan pembebanan selama 9 bulan dengan frekuensi 3 kali seminggu dan waktu 50-60 menit per kali latihan.

Setelah 22 bulan latihan, kepadatan tulang meningkat sebanyak 6,1%. Penelitian lain yang dilakuakan oleh Bagian Kebidanan dan Kedokteran Olahraga FKUI juga menyimpulkan, bahwa wanita waita post menopause yang aktif berlatih fisik mempunyai kepadatan tulang yang lebih tinggi daripada yang tidak berlatih.

Mulai dari yang Ringan

Untuk mendapatkan latihan fisik dengan baik, benar, taratur dan terukur, perlu mengetahui kualitas dan kuantitas latihan fisik yang didasari prinsip prinsip tertentu, yaitu harus individual, spesifik dan meliputi berbagai komponen. Komponen itu adalah frekuensi latihan 3-5 kali perminggu yang dilakukan tidak pada hari berurutan.

Kemudian intensitas latihan dimulai dari yang rendah sesuai dengan kemampuan masing masing. Perhatikan pula dengan denyut nadi anda, yakni 60-75% denyut nadi maksimal dan tak lebih dari 85%. Durasi waktu latihan sekitar 20-60 menit dengan pemanasan dan pendinginan. Jenis latihan fisik berupa aerobic, jalan kaki, jogging, senam, sepeda dan lain lain. Untuk penderita osteoporosis sebaiknya lakukan dengan jalan kaki dulu kemudian ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan.

Peran Phyto K

Mencegah tulang keropos selain dengan olahraga, bisa dilakukan dengan diet seimbang. Diet yang baik untuk pencegahan osteoporosis adalah yang cukup mengandung protein, vitamin D, dan kalsium. Menurut Dr. Marthin Shearer, principal scientist, Head of Vitamin K Research and Diagnostic Laboratories, St Thomas’s Hospital, London, mengatakan bahwa banyak sekali factor yang membantu terbentuknya tulang yang kuat, diantaranya kalsium dan vitamin K. Kini seiring dengan kemajuan teknologi pangan, ada terobosan baru yang bernama Phyto K regenerative formula dalam susu. Sebagai contoh produk susu Anlene yang telah mengandung formula tersebut.

Dan salah satu inovasi penting dalam formula Phyto K, adanya fortifikasi phyllloquinone (salah satu jenis vitamin K). Uji klinis oleh Mc. Krueger tahun 2004 menunjukkan Phyto K dengan suplementasi phyllloquinone dalam susu, meningkatkan jumlah protein khusus tulang pada wanita premoenopause. Sehingga proses regenerasi tulang menjadi lebih baik dibandingkan susu tanpa suplementasi phyllloquinone.

Nah, selamat mencoba… dan semoga bermanfaat… 🙂

Learn Japanese with JapanesePod101.com

Free Website Hosting

Iklan

7 thoughts on “Save Our Bone

  1. Assalaamu’alaikum

    Lama juga tidak berkunjung menjenguk sahabat di dunia sebelah sana. Mudahan sentiasa sihat.

    Terima kasih atas info menarik tentang penjagaan tulang belulang ini. dalam usia yang semakin indah ini, ternyata usaha untuk membentuk tulang yang sihat harus diberi perhatian agar tetap segar dan kuat menjalani baki kehidupan ini terutama dalam melakukan amal bakti dan ibadah.

    Salam mesra dari Sarawak, Malaysia.

  2. mamah saya suka minum anlene. klo saya masih minum susu dancow. hehehehe
    memang harus dijaga kekuatan tulang supaya klo udah tua ga bongkok. hihhh 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s