Makna Akuntansi

Latar Belakang (so sweet) :mrgreen:

“Waktu berlalu begitu cepat.. tak terasa gue udah satu tahun tinggal di Cilegon, kuliah di LP3i dengan title ‘ngambil jurusan Akuntansi’, padahal secara tidak lanakuntansi1gsung gue ngerasa klo pelajaran akuntansi ini ga’ pernah nyambung dalam kehidupan pribadi gue.. (walah?!), dan kadang juga klo ada yang nanya masalah Akuntansi, gue ngerasa bingung harus jawab apa.. (jangan bilang klo gue cuman mangap ja dengerin Dosen di kelas alias bego). Gue jawab dengan jiwa yang suci tanpa rasa bersalah telah menyesatkan orang banyak.. belagu so calm, cool, dan kuli abies dalam jawab pertanyaan yang gue rasa ini udah mo kiamat..

Dan setelah gue selikidi (baca : selidiki), untuk bisa jawab setiap kali orang nanya Akuntansi.. Gue mutusin untuk nyari buku mengenai ‘apa sech akuntansi?!’.. Akhirnya, setelah delapan bulan tiga puluh hari lamanya gue dapetin tuh bukunya.. tepatnya di Financial Analys System hasilnya sebagai berikut, Semoga bermanfaat bagi gue yang ngerasa sulit untuk jawab (khususnya), dan bagi readers semuanya.. (umumnya).”

Harahap dalam bukunya Teori Akuntansi (1995, 2) memberikan kepanjangan kata Akuntansi sebagai berikut :

A

Angka

K

Keputusan

U

Uang

N

Nilai

T

Transaksi

A

Analisa

N

Netral

S

Seni

I

Informasi

Kata kata ini dapat menjelaskan sendiri apa akuntansi itu ditinjau dari berbagai sudut. Akuntansi itu memberikan informasi kuantitatif (Angka), ia memberikan informasi untuk di pakai dalam proses pengambilan keputusan (Keputusan), ia hanya mencatat yang berdampak moneter (Uang), akuntansi merupakan informasi mengenai Nilai (Nilai), ia hanya mencatat transaksi (Transaksi) yang melibatkan perusahaan, akuntansi juga merupakan bahan untuk di analisis (Analisa),netral (Netral), tidak memihak kepada para pengguna laporan. Ia seni (Seni), karena memerlukan berbagai pertimbangan dan keahlian khusus, dan ia merupakan system informasi (Informasi). ia angga erlangga.

Free Website Hosting

Free Website Hosting

Iklan

23 thoughts on “Makna Akuntansi

  1. benar bang
    dari dulu blue paling males kalau pelajarann akuntansi but selalu nilainya gede blue mash malah kagak ngertihehhe……
    salam hangat selalu dari blue
    lama banget tak ada kabar

  2. akuntansi itu menurut saya sama dengan matematika intinya adalah berlatih dalam berhitung, saya sendiri tidak mengerti jaman SMEA tapi baru ngeh setelah belajar di STAN dan makain terasa setelah kuliah S-1 nya

    kenapa orang merasa susah belajar akuntnsi atau matematika karena kita tidak menyukainya alias belum apa-apa udah merasa susah padahal kalau dinikmati gampang kok

  3. selamat malam bang
    semangat semangat selalu ya
    salam hangat dalam dua musimnya blue

  4. Ah. Akuntansi adalah salah satu jenis species yang paling tidak saya mengerti. Bahkan hingga detik ini.
    Hahaiayaya.. 😀

  5. knapa ambil akuntansi.. hebat deh.. soalnya M paling males dolo klo ketemu ituh hihii…

    om M di cilegon.. klo pas M maen kesana moga kita bisa kopdaran hehe..

  6. ntu yang di pake kalkulator cabe ya???

    yang masuk jurusan akuntansi, ada bakat khusus buat jadi tukang cabe dong???
    heeeeeeeeee (just kidding)!!!

  7. Nama asli q Christian Budi .
    Thanks bgt atas informasi ttg makna akuntansinya ya broooooo…..!
    May God bless you forever…!
    Keep on fire…!

  8. halooo brow….nice idea for akuntin…brow slm knlya….tingkatkan trus klo bisa banyakan lagi informasih nya ya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s