IBSN : Hubungan Bola Lampu dengan Cangkang Telur

Bagaimana bola lampu listrik yang setipis kertas tahan menghadapi tekanan keras sewaktu ditekan atau diputar ke dalam soket lampu?! Menurut buku How in The World?, jawabannya sebagian besar terletak pada bentuk bola lampu, yang didasarkan atas “prinsip cangkang telur”.bola-lampu

Meskipun cangkang telur sangat tipis, telur tidak hancur oleh bobot burung betina sewaktu ia menduduki telur itu di sarang untuk mengeraminya. Ini karena bentuk telur memberikan kekuatan rangka yang tahan terhadap tekanan. Kalau cangkang lebih tebal, anak ayam tidak dapat mematuknya agar dapat keluar.

Bola lampu, yang meniru rancangan Sang Pencipta, memiliki bentuk yang bulat sehingga sewaktu dipegang erat erat, tenaganya “dialirkan ke semua arah dari titik kontak oleh lekukan kaca”.

Jadi, seperti telur, tekanan yang berlebihan tidak di bebankan pada satu titik mana pun, sehingga bola lampu tidak pecah. Manusia telah belajar banyak dari meneliti ciptaan!

Wow, sungguh semua ini adalah kekuasaan Tuhan yang sangat luar biasa. Manusia hanya dapat meniru tanpa dapat menciptakan.

Campaign 2 - Banner 1

Iklan

One thought on “IBSN : Hubungan Bola Lampu dengan Cangkang Telur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s